Tingkatkan Potensi UMKM Desa, Kolaborasi Kelompok 8 & 9 Selenggarakan Seminar E-Commerce dengan Tema “Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran UMKM Desa”

wow

Kelompok 9 – Desa Cilayang dan mongpok, adalah desa yang terletak di Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang, telah mengambil langkah inovatif untuk menggerakkan ekonomi lokal mereka dengan memanfaatkan sumber daya alam di daerah tersebut. Langkah ini telah membawa dampak positif dalam meningkatkan pendapatan dan daya saing bisnis-bisnis kecil di desa tersebut.

Seminar ini dilaksanakan pada 31 Agustus 2023 yang berlokasi di Kantor Desa Cilayang yang dihadiri oleh Lurah Desa Cilayang yaitu Bapak Jarim dan DPL dari kedua kelompok, materi tentang e-commerce ini disampaikan oleh Ibu Asih Kurnianingsih SE.,MM.

Pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis semakin menjadi tren global, desa cilayang dan mongpok bukanlah pengecualian. Berkat kerja sama antara pemerintah desa, UMKM di desa tersebut telah berjalan proses produksi dan penjualaan yang dapat menambah pamsukan uang dapur, namun penjualaannya hanya terbatas di warung – warung terdekat saja.

Salah satu UMKM yang ada di desa cilayang adalah “Emping Melinjo.” Emping melinjo adalah teman makan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah, hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat baik mengingat permintaan emping yang selalu ada setiap harinya, terlebih lagi jika dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi

Selain keuntungan bagi pelaku bisnis, pemanfaatan e-commerce juga telah menciptakan peluang kerja baru di Desa Cilayang. Jika bisnisnya berkebang dengan baik banyak warga desa yang bisa terlibat dalam pengelolaan bisnis ini, karena menciptakan lapangan kerja lokal yang bermanfaat.

Harapanhya dengan diselenggarakannya seminar ini dapat membuka fikiran pelaku UMKM agar dapat memasarkan produknya lebih jauh lagi.

Dalam era di mana teknologi mendominasi, pemanfaatan e-commerce menjadi langkah yang cerdas bagi UMKM untuk bersaing secara global. Keberhasilan ini memberikan harapan dan inspirasi bagi desa-desa lain di seluruh Indonesia untuk memanfaatkan e-commerce sebagai media pemasaran UMKM mereka.

Related posts