Unbaja menggelar Pramuka Champion Tingkat Provinsi Banten

Bertempat di Kampus 2 UNBAJA Jl. Syekh Nawawi Al Bantani, Boru Kota Serang. Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Banten Jaya menggelar Pramuka Champion 2018. Kegiatan yang ini melombakan beberapa nominasi yaitu LKBB, Sernam Pramuka jilid 2., Masak Tradisional, Perkusi, Teknologi Tepat Guna, Pionering dan MTQ.  Peserta kegiatan ini terdiri dari Pramuka Penegak se-provinsi Banten yang berjumlah 23 pangkalan dimana setiap pangkalan terdiri dari 20 orang. Sehingga total perserta berjumlah 460 orang. Sementara sumber anggaran bersala dari dinas pemuda dan olahraga tahun anggaran 2018, ujar Chaidar Aswar selaku ketua pelaksana.

Aswar menambahkan, Tema kegiatan ini adalah Meningkatkan kreativitas, keterampilan dan solidaritas yang tinggi untuk meweujudkan karakter bangsa. Pracham dilaksanakan selama dua hari yaitu sabtu dan minggu 15 s.d. 16 September 2018

Sementara itu Pembina pramuka Universitas Banten Jaya, Dadang Amirudin mengatakan, “Kegiatan Pramuka Champion (Pracham) 2018 memberikan manfaat bagi para peserta, dimana kegiatan ini sebagai bagian dari proses pembentukan karakter bagi para peserta, seperti disiplin, team work, tanggungjawab, inovasi, dll. Bagi Pramuka Unbaja, kegiatan Pracham ini memberikan pelajaran bagaimana mengelola suatu kegiatan dengan baik, mulai dari perencanaan/persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.¬† Harapannya kegiatan ini akan dapat diselenggarakan setiap tahun agar dapat mengembangkan kemampuan diri anggota Pramuka Unbaja, ujarnya”

Sutanto selaku wakil rektor Unbaja, dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Pramuka Champion ini, peserta benar-benar dapat membangun jiwa sportif dan bertanggung jawab untuk dapat meraih hasil yang terbaik. Sutanto merasa bangga atas antusiasme peserta untuk ikut serta dalam pramuka champion yang dilaksanakan di Unbaja, dan mendukung tercapainya visi Unbaja menjadi universitas yang bermutu, inovatif berbasis karakter pada tahun 2021.

Pembukaan Pramuka Champion 2018 oleh Warek Unbaja, Sutanto, M.Kom

Pada kesempatan tersebut, sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, Ai Dewi Suzana sangat mendukung aktifitas pemuda di Provinsi Banten. Dirinya berharap bahwa setiap pemuda dan bagian dari masyarakat Banten dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya sehingga dapat menjadi pribadi yang mandiri dan dapat meningkatkan daya saing Daerah. Secara kelembagaan Dispora Porvinsi Banten akan menjadi garda terdepan dalam menumbuhkembangkan potensi pemuda di provinsi Banten.(TAM)

Related posts