Pada tanggal 28 Agustus 2024, Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 2
- Permainan Edukatif
Deskripsi : Menggunakan permainan yang berkaitan dengan materi pelajaran, seperti kuis, teka-teki, atau permainan papan. Misalnya, permainan “Tebak Kata” untuk pemahaman bahasa Indonesia.
Tujuan : Membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. - Diskusi Kelas
Deskripsi : Mengadakan sesi diskusi di mana siswa dapat berbagi pendapat dan ide tentang topik tertentu. Misalnya, diskusi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
Tujuan : Mendorong berpikir kritis dan kemampuan berbicara di depan umum. - Kunjungan Lapangan
Deskripsi : Mengorganisir kunjungan ke tempat-tempat edukatif, seperti museum, kebun binatang, atau pabrik. Kunjungan ini dapat memperkaya pengalaman belajar siswa.
Tujuan : Memberikan pengalaman langsung yang mendukung pembelajaran teori. - Pembelajaran Tematik
Deskripsi : Mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema. Misalnya, tema “Kesehatan” dapat mencakup pelajaran IPA, PPKn, dan Bahasa Indonesia.
Tujuan :Membantu siswa melihat keterkaitan antar mata pelajaran. - Presentasi Siswa
Deskripsi : Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyajikan materi yang telah mereka pelajari. Siswa dapat menggunakan alat bantu seperti poster atau presentasi digital.
Tujuan : Meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi. - Menggunakan Media Pembelajaran
Deskripsi : Memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran, seperti video edukasi, aplikasi pembelajaran, atau alat peraga. Contohnya, menggunakan video tentang proses fotosintesis dalam pelajaran IPA.
Tujuan : Menarik perhatian siswa dan mempermudah pemahaman konsep. - Kegiatan Seni dan Kreativitas
Deskripsi : Mengadakan kelas seni di mana siswa dapat menggambar, melukis, atau membuat kerajinan tangan yang berkaitan dengan pelajaran. Misalnya, menggambar pemandangan alam untuk pelajaran geografi.
Tujuan : Mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri siswa. - Pendampingan Program
Deskripsi : Mengatur program di mana siswa yang lebih besar membantu siswa yang lebih kecil dalam belajar. Ini bisa dilakukan dalam bentuk bimbingan belajar atau diskusi kelompok.
Tujuan : Membangun rasa tanggung jawab dan solidaritas di antara siswa. - Evaluasi dan Refleksi
Deskripsi : Setelah kegiatan pembelajaran, adakan sesi refleksi di mana siswa dapat berbagi apa yang mereka pelajari dan bagaimana perasaan mereka tentang kegiatan tersebut.
Tujuan : Mendorong siswa untuk berpikir tentang proses belajar mereka dan memberikan umpan balik untuk perbaikan di masa depan.