Kegiatan Hari Ke-28 Ngajar Mengajar Di SD negeri Katulisan dan Mengajar Di SMP Negeri 2 Cikeusal

Pada tanggal 28 Agustus 2024, Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 2

  1. Permainan Edukatif
    Deskripsi : Menggunakan permainan yang berkaitan dengan materi pelajaran, seperti kuis, teka-teki, atau permainan papan. Misalnya, permainan “Tebak Kata” untuk pemahaman bahasa Indonesia.
    Tujuan : Membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.
  2. Diskusi Kelas
    Deskripsi : Mengadakan sesi diskusi di mana siswa dapat berbagi pendapat dan ide tentang topik tertentu. Misalnya, diskusi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
    Tujuan : Mendorong berpikir kritis dan kemampuan berbicara di depan umum.
  3. Kunjungan Lapangan
    Deskripsi : Mengorganisir kunjungan ke tempat-tempat edukatif, seperti museum, kebun binatang, atau pabrik. Kunjungan ini dapat memperkaya pengalaman belajar siswa.
    Tujuan : Memberikan pengalaman langsung yang mendukung pembelajaran teori.
  4. Pembelajaran Tematik
    Deskripsi : Mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema. Misalnya, tema “Kesehatan” dapat mencakup pelajaran IPA, PPKn, dan Bahasa Indonesia.
    Tujuan :Membantu siswa melihat keterkaitan antar mata pelajaran.
  5. Presentasi Siswa
    Deskripsi : Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyajikan materi yang telah mereka pelajari. Siswa dapat menggunakan alat bantu seperti poster atau presentasi digital.
    Tujuan : Meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi.
  6. Menggunakan Media Pembelajaran
    Deskripsi : Memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran, seperti video edukasi, aplikasi pembelajaran, atau alat peraga. Contohnya, menggunakan video tentang proses fotosintesis dalam pelajaran IPA.
    Tujuan : Menarik perhatian siswa dan mempermudah pemahaman konsep.
  7. Kegiatan Seni dan Kreativitas
    Deskripsi : Mengadakan kelas seni di mana siswa dapat menggambar, melukis, atau membuat kerajinan tangan yang berkaitan dengan pelajaran. Misalnya, menggambar pemandangan alam untuk pelajaran geografi.
    Tujuan : Mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri siswa.
  8. Pendampingan Program
    Deskripsi : Mengatur program di mana siswa yang lebih besar membantu siswa yang lebih kecil dalam belajar. Ini bisa dilakukan dalam bentuk bimbingan belajar atau diskusi kelompok.
    Tujuan : Membangun rasa tanggung jawab dan solidaritas di antara siswa.
  9. Evaluasi dan Refleksi
    Deskripsi : Setelah kegiatan pembelajaran, adakan sesi refleksi di mana siswa dapat berbagi apa yang mereka pelajari dan bagaimana perasaan mereka tentang kegiatan tersebut.
    Tujuan : Mendorong siswa untuk berpikir tentang proses belajar mereka dan memberikan umpan balik untuk perbaikan di masa depan.

Related posts