PROFIL LAB SIMBI TEKNIK INDUSTRI (S1)

Universitas Banten Jaya (Unbaja)


Kepala Lab SIMBI bernama Arif Budi Sulistyo, S.T., M.A.B. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 1995. Pendidikan S2 (Master Bisnis dan Administrasi) diselesaikannya di Institut Teknologi Bandung 2017. Selain menjadi dosen tetap di Jurusan Teknik Industri Universitas Banten Jaya, beliau juga praktisi industri Petrokimia yang berpengalaman di bidang Operasi, Pengendalian dan Perencanaan Produksi serta Bisnis Strategi. Aktif dalam kegiatan asosiasi professional internasional Project Management Institute. Beliau juga mengampu Mata Kuliah Praktikum Manajemen Proyek dengan mengeksplorasi aplikasi Microsoft Project.
Dosen Praktikum Mata Kuliah Fisika Dasar 2 bernama Huswatun Hasanah, M.Pd. Beliau menyelesaikan pendidikannya pada Jurusan Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2016. Selama menjalani perkuliahannya, ia pernah meraih Beasiswa Tesis dan Disertasi dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Batch I. Beliau tertarik dengan perkembangan riset mengenai STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) dan pernah meraih Dana Hibah Kompetitif Nasional Kemenristekdikti (Penelitian Dosen Pemula) pada tahun 2020 berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM pada Materi Bangun Ruang”. Sudah banyak artikel ilmiah yang diterbitkan oleh beliau terkait rekayasa perangkat lunak yang dapat dilihat pada https://scholar.google.com/citations?pli=1&authuser=1&user=Wb61gFUAAAAJ.
Dalam pelaksanaannya, praktikum Fisika Dasar 2 menggunakan jasa asisten laboratorium yang sudah diseleksi oleh pihak Program Studi Teknik Industri. Adapun, asisten laboratorium yang membantu dalam praktikum ini adalah :

Misri adalah Ketua Asisten Lab SIMBI sejak tahun 2020. Mahasiswa aktif Teknik Industri Universitas Banten Jaya angkatan 2018. Pernah bekerja sebagai Montir dan Painter di bengkel motor dan memiliki pengalaman bekerja di Perusahaan Manufaktur sebagai Operator Produksi. Pada tahun 2021 ia juga menyelesaikan Pelatihan Berbasis Kompetensi di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Serang (BBPLK) dengan Kejuruan Teknik Listrik sub Kejuruan Otomasi Industri. Saat ini, beliau sedang melaksanakan Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) di Perusahaan PT. Intermesindo Forging Prima selama 1 semester.

Imron pernah menyelesaikan studi di SMK YP Fatahillah 1 Kramatwatu tahun 2018, kemudian melanjutkan kuliah S1 di Fakultas teknik Universitas Banten Jaya jurusan Teknik Industri pada tahun 2019. Beliau pernah mengikuti beberapa pelatihan dan pemagangan seperti English testing and Training Services, Uji Kompetensi keahlian, pemagangan PT Krakatau Medika pada tahun 2017 dan Pemgangan PT CCSI pada tahun 2018.

William penyelesaikan pendidikannya di SMKN 2 Serang jurusan Teknik Ketenagalistrikan. Saat ini, melanjutkan studi di Prodi Teknik Industri Universitas Banten Jaya. Sejak tahun 2019, bekerja di PT. Communication Cable Systems Indonesia Tbk sebagai operator produksi. Sebelumnya, pernah menjadi apprentice di PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk pada tahun 2018 – 2019 sebagai operator produksi. Beberapa pelatihan yang diikuti yaitu Pelatihan Bimbingan Mental dan Bela Negara (2017) oleh Grup 1 Kopassus, Programmable Logic Controller (2017) oleh Dindikbud Provinsi Banten, Bina Mental dan Ketahanan Fisik (2018) oleh Kodiklat AD. Dan beberapa pelatihan online yang diikuti yaitu Internet of Things for Smart Home (2020) dan Autocad (2020).

Riyan menyelesaikan Studi di SMK YP Fatahillah 1 Cilegon pada tahun 2018 kemudian melanjutkan kuliah Prodi S1 Teknik Industri di Universitas Banten Jaya, Setelah itu menjabat sebagai Bendahara Assisten Laboratorium Simulasi Bisnis dan Manajemen (SIMBI). Beliau mempunyai hobi mempelajari hal yang baru seperti Coding, Membuat Animasi, Editing, dan Mempelajari berbagai Software yang mengikuti Perkembangan Zaman, Saat ini,  sedang bekerja di PT. Comunication Cable System Indonesia.


Related posts