PPKN


PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (S-1)
Identitas Program Studi PPKn:

Nama Program Studi, Jenjang
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1)
Alamat

Kampus 2 Jln. syech Nawawi Albantani Kp.Baru kec.Curung kota serang
Kabupaten/Kota

Serang
Alamat E-mail

pkn.fkip @unbaja.ac.id
Alamat Website

http://www.unbaja.ac.id/ppkn/
Gelar yang diberikan

Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Tahun dan SK Pendirian

158/E/0/2011

Sejarah:

Berdirinya Program Studi PPKn FKIP Universitas Banten Jaya terhitung pada tanggal keluarnya SK Pendirian Program Studi PPKn dengan Nomor SK Pendirian 158/E/O/2011 dan tanggal SK pendirian Program Studi PPKn terhitung pada tanggal 02 Agustus 2011 dan Penandatangan SK Pendirian Program Studi Pancasila dan Kewraganegaraan ditandatangani/disahkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Penyelenggaraan Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan terhitung pada Agustus 2011 dengan Nomor Surat Keputusan Izin Operasional 158/E/0/2011 dan Tanggal Surat Keputusan Izin Operasional adalah pada tanggal 2 Agustus 2011. Adapun Peringkat (Nilai) Akreditasi yang pertama Terakreditasi C dengan Nomor SK BAN-PT No.176/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014 dan Terakhir adalah Terakreditasi B dengan Nomor SK BAN-PT No.1630/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019 yang beralamatkan di Kampus 1 Jln.Ciwaru II No.73 Kota Serang dan Kampus 2 Jln. syech Nawawi Albantani Kp.Baru kec.Curung kota serang, No. Telepon Program Studi (0254) 217066, No. Faksimili Program Studi (0254) 209583, Homepage dan E-mail Program Studi pkn.fkip @unbaja.ac.id, Pada awal pendirian, Prodi PPKn UNBAJA memiliki visi menjadi program studi PPKn yang unggul di Provinsi Banten dengan menghasilkan lulusan profesional dan berkarakter.Sedangkan misinya, pertama melaksanakan program pendidikan secara profesional yang dilandasi nilai-nilai karakter bangsa.Kedua, mengembangkan penelitian sesuai disiplin keilmuan secara profesional yang dilandasi oleh nilai-nilai karakter bangsa.Ketiga, melaksanakan program pengabdian pada masyarakat dan stake holder.

Visi :

Menjadi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang Bermutu, Inovatif dan berbasis karakter tahun 2040

Misi :

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang berkualitas dengan kurikulum berbasis KKNI
  1. Meningkatkan kreatifitas dan inovasi penelitian dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk partisipasi aktif di Masyarakat.
  3. Menjunjung tinggi nilai-nilai karakter dan jiwa kewirausahaan.
  4. Menjalin kerjasama yang strategis dan berkelanjutan dengan berbagai pihak guna mendukung penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi.

Tujuan :

  1. Menghasilkan guru bidang Studi PPKn berkualitas dalam menunjang tujuan pendidikan nasional.
  2. Terwujudnya penelitian yang kreatif dan inovatif dalam bidang studi PPKn.
  3. Meningkatnya peran dan kontribusi civitas akademika Program Studi PPKn  dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menciptakan lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, nasionalisme, disiplin, jujur dan bertanggung jawab serta memiliki jiwa kewirausahaan.
  5. Terbentuknya hubungan kerjasama yang strategis dan berkelanjutan dengan berbagai pihak guna meningkatkan kompetensi program studi di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

  1. Menghasilkan tenaga pendidik PPKn yang mampu  merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang sesuai dengan konsep, teoretik, edagogik.
  2. Menghasilkan lulusan PPKn yang mampu  merencanakan, melaksanakan dan mempublikasikanpenelitian bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bersifat kajian deskriptif  atas suatu fenomena.
  3. Menghasilkan lulusan PPKn yang mampu mengembangkan materi atau isi kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  sebagai buku ajar pada berbagai jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  4. Menghasilkan lulusan PPKn yang mampu menciptakan dan mengelola  peluang usaha di bidang pendidikan sebagai pencerminan dari life skill dan hard skill yang di milikinya.

Kompetensi Pendukung

  • Mampu  merencanakan,  melaksanakan (strategi,   metode, pengelolaan kelas, media, dll), mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan dalam berbagai jenjang pendidikan.
  • Mampu menghasilkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang kreatif dan inovatif dalam bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  • Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, nasionalisme, disiplin, jujur dan bertanggung jawab serta memiliki jiwa kewirausahaan di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  • Mampu mengembangkan bidang keilmuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai bahan ajar.

Kompetensi lainnya

  • Mempunyai kemampuan di luar bidang pendidikan pada lingkup yang lebih luas (lintas kelimuan atau lintas bidang pekerjaan)
  • Mempunyai kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Pendidikan kewarganegaraan.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam pengembangan bidang keilmuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  • Memiliki  jiwa  kepemimpinan  dalam  rangka pelaksanaan  tugas pokok dan fungsi di bidang  kependidikan  dan  di masyarakat.

Profil Lulusan

NoPROFILDESKRIPSI
1CIVIC TEACHER AT ELEMENTARY SCHOOLMampu Menguasai pengetahuan dasar ilmu Kewarganegaraan, politik, hukum, ekonomi, kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa serta nilai, moral dan budaya Pancasila.  
2CIVIC TEACHER AT JUNIOR HIGT SCHOOLMampu Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu pendidikan dan keguruan/pedagogik yang meliputi teori dasar pendidikan, kebijakan pendidikan, kurikulum, metodologi dan penilaian.  
3CIVIC TEACHER AT SENIOR HIGT SCHOOL/VOCATIONAL SCHOOLMampu Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi organisasi, mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian pada berbagai jenis organisasi.  
4NON FORMAL EDUCATIONAL INSTRUCTORMampu Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi organisasi, mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian pada berbagai jenis organisasi.  
5GOVERNMENT ADMINISTRATIVE STAFFMampu Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional
6ENTERPRENUERMampu Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai sektor bisnis  

Peluang Kerja:

  1. Guru mata pelajaran PPKn di jenjang SMP/MTS, SMA/MA, SMK/SMEA.
  2. Pengembang media dan teknologi pembelajaran PPKN.
  3. Instansi Pemerintahan menjadi Aparatur Sipil Negara (Instansi Pemerintah Daerah maupun Kementrian Pusat).
  4. Pendiri/ pimpinan/ manajer pada lembaga pendidikan baik formal.
  5. Sanggar belajar dan lembaga pendidikan non formal lainnya.
  6. Entrepreneurship
  7. Tenaga Pendidikan dan Administrasi di lingkup Perkantoran
  8. Pengajar ekstrakulikuler Pakibra, Pramuka.



PROFIL DOSEN PROGRAM STUDI (PRODI) PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS BANTEN JAYA


KETUA PROGRAM STUDI : Lina Marlina., S.Pd.,M.Pd

DOSEN TETAP PROGRAM STUDI (PRODI) PPKN UNBAJA :

  1. Lina Marlina, S.Pd., M.Pd
  2. Muhammad Asmawi, SH.,MH
  3. Toni Anwar Mahmud, S.Sos., M.Si
  4. Aryanti Dwi Untari., S.Pd.,M.Pd
  5. Anton Aulawi, SH.,MH
  6. Alamsyah Basri, ST, MH
  7. Ade Millatus Sa’adiyyah, SH,.MH
  8. E. Nita Prianti,.S.Pd., M.Pd