MENGENAL WIFI 4 Wifi 5 DAN WIFI 6

wifi 5 unbaja

Mochamad Yusuf Romdoni, S.Kom, MTI
Fakultas Ilmu Komputer
Teknik Informatika (S1) / Sistem Informasi (S1) / Manajemen Informatika (D3)

Sobat IT pernahkan anda mendengar istilah Wifi, baik itu Wifi 4 Wifi 5 dan Wifi 6 adalah istilah dari perkembangan teknologi nirkable. Dengan kata lain pada jaringan komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk mengakses internet. Bagaimanapun teknologi informasi ini kita selalu dekat dengan yang namanya internet namun saya yakin dari sekian banyak yang tahu pastilah kita agak asing dengan istilah tersebut karena kita lebih terbiasa sebagai pengguna tanpa memperdulikan pengetahuan yang didalamnya karena pada masing-masing perkembangan teknologi wifi ini memiliki kelebihan yang berbeda-beda terutama dalam kecepatan data ( Bandwidth ), tingkat gangguan signal ( interferensi ) dan fitur-fitur lain yang akan berpengaruh saat kita gunakan.

Wifi atau Wireless Fidelity adalah merupakan teknologi wireless yang tertanam pada perangkat komputer kita atau Samrphone sehingga dapat berkomunikasi. Selain itu Wifi 4 Wifi 5 atau Wifi 6 keduanya sama-sama mengacu pada standarisasi IEEE 802 11. IEEE 802 11 adalah serangkaian spesifikasi yang mengatur jaringan komunikasi untuk menjadi dasar bagi jaringan nirkable atau Wifi. Wifi bekerja menggunakan media gelombang radio dengan frekuensi di 2,4ghz dan 5ghz, dan semuanya telah diatur di 80211.

Baca juga : IEEE 802.11

Jangan heran jika kita membeli suatu perangkat jaringan seperti yang kita selalu dengar yang namanya Wireless Router atau Akses Point pastilah akan tertulis didalamnya dengan IEEE 802 11b/g/n/ac dan yang terbaru IEEE 802 11ax atau yang disebut Wifi 6. Begitupun halnya apabila kita membeli smartphone atau Laptop pastilah tertulis IEEE 802.11 baik di Box atau di buku panduan karena diperangkat-perangkat ini tertanam sebuat Wifi yang semuanya mengacu pada standar tersebut agar Laptop atau Smartphone kita bisa mengakses internet atau dalam kata lain dapat saling terhubung meskipun brand perangkat (Hp / Laptop / PC) kita berbeda-beda.

Lalu apa sobat perbedaan dari teknologi Wifi 4 Wifi 5 dan WIfi 6 ini??!!

Wifi 4 adalah teknologi Wifi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 dengan standar IEEE 802.11n diamana jika dilihat dari standar ini Wifi 4 bekerja dengan frekuensi di 2,4ghz atau 5ghz dengan kecepatan data hingga 150 Mbps jika kita gunakan dua channel 20 MHz dan bisa mencapai 300 Mbps jika gunakan dua channel 40 MHz.

Wifi 5 adalah teknologi Wifi yang mengacu pada standar IEEE 802.11ac dimana teknologi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 yang bekerja pada gelombang radio frekuensi di 5Ghz., dilansir dari Wikipedia Wifi 5 atau IEEE 802.11ac mampu menawarkan kapasitas Bandwith  hingga 1000 Mbps atau 1 Gbps. Kecepatan maksimum per user (seperti laptop dan perangkat klien lainnya) adalah 500 Mbps ditambah dengan dukungan MIMO (Multiple Input on Multiple Output)   .

Wifi 6 atau IEEE 802.11ax merupakan terobosan baru pada tahun 2019 yang mampu menawarkan kapasitas bandwidth 4 kali lebih besar dari IEEE 802.11ac. Dilansir dari Wikipedia Kecepatan yang dimiliki oleh 802.11ax ini adalah mampu mencapai 10,53 Gbps atau sekitar 1,4 GB/s untuk mengirimkan data. Standar ini menggunakan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz dengan teknologi MIMO dan juga mendukung MU-MIMO.

Itulah beberapa hal yang mesti sobat ketahui pada teknologi Wi-Fi (Wireless Fidelity) yang saat ini beredar dan wajib kita tahu. Sekarang coba sobat cek termasuk teknlogi wifi yang mana yang tertanam pada perangkat HP atau Laptop kita. Apabila sobat ingin membeli HP (Smartphone), Laptop atau alat Wireless Router yang kita sebut untuk Hotspot sobat sudah tahu hal-hal yang berkaitan dengan Wifi sehingga kita tidak awam dan menjadi orang yang mengerti dengan teknologi wifi tersebut jadi jangan cuma bisa beli dan pakai, alangkah baiknya kita ketahui informasi didalamnya.

Baca juga : TP-Link Archer AX73 Wireless Router Wifi 6 Terbaik PCMag

Related posts