Kewirausahaan (Entrepreneurship)

PROGRAM STUDI
KEWIRAUSAHAAN (S-1) UNIVERSITAS BANTEN JAYA
SK Penyelenggara No : 1319/KPT/I/2018
31 Desember 2018

Visi :

Menjadi Pusat Pendidikan Kewirausahaan Terkemuka dan  Wirausahawan  yang Handal  Berberbasis pada ilmu Pengetahuan, Kreativitas dan Inovasi Bisnis  tahun 2040.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan kewirausahaan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi keilmuan entrepreneurship, sikap dan etika kepemimpinan, berwawasan global dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu kewirausahaan untuk menciptakan iklim akademik yang kondusif dan pengembangan wirausaha yang handal.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu entrepreneurship untuk memunculkan ide usaha baru, kreativitas dan inovasi yang bermanfaat bagi stakeholders.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang beretika, berjiwa kewirausahaan dan kepemimpinan serta mampu berkompetisi secara global.
  2. Meningkatkan kualitas belajar mengajar di bidang kewirausahaan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah di bidang kewirausahaan yang berbasis kearifan lokal dan berwawasan global.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat di bidang kewirausahaan yang adaptif dan aplikatif sesuai dengan dinamika lingkungan.

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Utama
    • Pewirausaha Berbasis Teknologi : Pendiri dan/atau pengembang usaha mandiri berbasis teknologi.
    • Pewirausaha sosial  : Pendiri dan/atau pengelola usaha berbasis sosial kemasyarakatan.
    • Setelah mengikuti pembelajaran di Program Studi S1 Kewirausahaan, lulusan memiliki tiga kompetensi yang meliputi kompetensi: Aspek Sikap, Keterampilan dan Penguasaan Pengetahuan
  2. Kompetensi Pendukung
    • Mampu mengimplementasikan keilmuannya sebagai perancang/pengembang/pendamping konsultan bisnis yang siap  mengembangkan model dan inovasi bisnis.
    • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, berinovasi dan terukur.
  3. Kompetensi lainnya
    • Memiliki kesadaran diri untuk menjaga kualitas dan mempunyai kepedulian terhadap masyarakat dan menjadikan lulusan yang siap kerja.
    • Memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi.
    • Memiliki jiwa dan semangat inovatif, proaktif, dan berani menanggungrisiko untuk peningkatan kualitas pekerjaan.
    • Memiliki kepribadian terbuka untuk mengembangkanjejaring pada bidangnya.
    • Memiliki semangat melayani dan bersaing secara sehat.
    • Memiliki pertimbangan bertindak atas dasar etika dan legalitas yangsesuai dengan situasi dan kondisi.
    • Mampu beradaptasi dan bersaing didunia kerja dengan etika yang mencerminkan keluhuran budi pekerti serta karakter bangsa;
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya.

Catatan : Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.

Prospek Lulusan

NoPROFILDESKRIPSI
1WIRAUSAHAWANSeseorang yang berani mengambil risiko dan melihat peluang sebuah usaha.
2KONSULTAN BISNISMampu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi. dengan membuat perencanaan bisnis ke depan agar bisa memenuhi target yang diinginkan perusahaan.
3PERANCANG BISNISMampu merancang dan mengelola jaringan usaha, serta mampu  merancang  teknik-teknik  baru dalam  berbisnis
4PENDAMPING BISNISMampu untuk merencanakan, menganalisis, mendesain, mengimplementasi dan memelihara proses pengembangan bisnis
5INVESTORMampu jadi pelaku investasi (Penanam Modal). Investasi bisnis adalah suatu kegiatan investasi yang dilakukan dengan syarat dan persetujuan tertentu.
6PEWARALABAMampu bekerja dan berusaha dengan princaise yang memiliki konsep dengan usaha bagi hasil sesuai dengan kesepakatan dengan profit maksimal.
7ANALIS BISNISMampu membaca peluang bisnis dengan akuntabilitas terukur dan terarah sesuai targetnya
8AUDITOR PUBLIKMampu meberikan informasi yang jelas dan akurat mengenai proses bisnis bagi masyarakat luas sesuai kebutuhan terkini
9ANALIS RISET PASARMampu memberikan informasi mengenai hasil analisa ekonomi pasar baik mikro maupun makro untuk masyarakat umumnya.
  10MOTIVATOR BISNISMampu membentuk dan membangun pribadi yang kreatif agar mempunyai usaha secara mandiri dari keilmuan dan pengalaman (Penyemangat).

Profil Dosen Tetap

Kepala Prodi : Sukarta Atmaja.S.Sos.,MM

  1. Sukarta Atmaja.S.Sos.,MM
  2. Mirza Abdi Khairusy, SE., MM
  3. Rohaelis Nuraisiah, SE.,MM.,M.Ak.
  4. Sev Rahmiyanti, S.E., M. Ak
  5. Chotibul Umam, S.Pd., M.Par
PROFIL JURUSAN PRODI KEWIRAUSAHAAN

Tag : Jurusan Kewirausahaan Kota Serang Banten, Prodi Kewirausahaan Kota Serang Banten, Entrepreneurship Kota Serang Banten, Terbaik dan Terfavorit