Gotong Royong Bersama Warga, Dosen Unbaja Membuat Bilik Antiseptik

SERANG, (KB).- Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Banten Jaya (Unbaja) bersama warga perumahan taman Krakatau Zona Rivera membuat bilik antiseptik otomatis, bilik tersebut untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran virus corona atau Corona virus disease (Covid-19).

“Kami bersama warga bergotong royong membuat bilik antiseptik, ini sangat aman bagi tubuh kalau pakai disinfektan takut berbahaya. Kebetulan dalam pembuatan bilik ada warga kami yang bekerja di bidang kimia sehingga memberikan saran agar memakai bilik yang aman untuk tubuh,” kata Dosen Fakultas Ilmu Komputer Unbaja Yul Hendra, di Unbaja, Rabu (8/4/2020).

Ia mengatakan, baru satu bilik yang dibuat, rencananya akan dibuat lagi. Kalau yang itu untuk pengendara motor dan pejalan kaki. Pihaknya akan membuat untuk kendaraan mobil. Belakangan ini ada kontroversi terkait bilik disinfekatan sehingga pihaknya disarankan untuk membuat cairan apa yang aman untuk tubuh manusia.

“Jadi yang kami buat tersebut bukan bilik disinfektan tapi antiseptik yang kami buat, dengan menggunakan detol, cairan tersebut dirasa lebih aman untuk kulit dibandingkan cairan disinfektan lainnya,” ujarnya.

Ia menuturkan, masyarakat sekitar menggalang dana untuk membuat bilik tersebut, setelah dana terkumpul kemudian dibelikan alat dan bahan untuk membuat bilik. Selain itu, Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat karena pihaknya juga berkolaborasi dengan masyarakat.

“Bilik antiseptik tersebut tadinya mau dibuat manual, namun saya minta agar dibuat otomatis, kebetulan saya sebagai pembina robotik di kampus dan untuk membantu membuat bilik tersebut saya libatkan satu orang mahasiswa,” tuturnya.

Ia mengatakan, bilik tersebut menggunakan sensor Passive Infra Red (PIR), Pompa Dc dan Nozle sprayer.

“Sebagai wujud nyata Tri dharma perguruan tinggi dan pengabdian kepada masyarakat, kami berharap bilik tersebut dapat dimanfaatkan warga untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Tetap jaga kesehatan, kebersihan dan rajin mencuci tangan serta tidak keluar rumah,” ujarnya. (DE)*

Related posts