Mahasiswa Teknik Unbaja Raih Prestasi

ERANG, BANTEN RAYA-Rifky Aslab, Mahasiswa Teknik Industri, Universitas Banten Jaya (Unbaja), berhasil meraih prestasi juara I dalam lomba disain dalam kegiatan Urban Kultur Music Festival 2020, yang digelar oleh Universitas Serang Raya (Unsera).

Kepada Banten Raya, Rifky sapaan akrabnya mengatakan, membutuhkan waktu satu pekan untuk mempersiapkan sebagai peserta lomba disain benda. Dalam perlombaan tersebut, mahasiswa semester V ini membuat lemari piano atau lemari belajar.”Saya membutuhkan waktu satu minggu untuk mempersiapkan materi lomba. Untuk idenya sendiri berasal dari youtube,” kata Rifky, kemarin.

Warga Kecamatan Kasemen ini menjelaskan, dalam disain benda ini menggunakan aplikasi solidwork, yaitu Aplikasi berbasis cad computer aided desaign. Dimana aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menggambar 2 sampai 3 dimensi.”Aplikasi tersebut sangat membantu dalam menyusun gambar. Aplikasi ini juga memiliki kelebihan, yaitu merakit bagian-bagian gambar dengan mudah,” ujarnya.

Ia mengaku suka dengan dunia disain sejak kecil dengan memulai menggambar benda yang pernah dilihat dengan cara manual. Kemudian di Unbaja, pengetahuannya makin bertambah dengan mendisain menggunakan aplikasi. “Alhamdulilah saya juara pertama,” ungkapnya singkat.

Hadiah dari lomba tersebut, lanjutnya, rencananya dikumpulkan untuk membeli laptop baru untuk menunjang kuliah dan mendisain. “Pihak kampus yang membiayai pendaftaran lomba, dan alhamdulilah saya bersyukur bisa mengharumkan nama kampus dan berkontribusi untuk kampus,” ungkapnya.

Masih kata Rify, proses untuk mendisain paling cepat 30 menit. Tapi tergantung jam terbang dengan tingkat ditail dan kesulitan. Menurutnya, benda kecil harus detail seperti engsel pintu. Penempatan engsel harus dihitung agar seimbang.

“Menentukan ide yang lebih lama dibandingkan disain. Mulai ide bentuk seperti apa dan dilakukan penghitungan bisa memakan waktu 2 jam lebih,” tegasnya. Perlu diketahui, Rifky juga pernah meraih juara harapan pertama dalam lomba disain yang digelar oleh Universitas Muhamadiyah Tangerang. (satibi/Banten Raya)

 

Related posts