Mahasiswa Prodi Ppkn UNBAJA Kunjungi Balai Pemasyarakatan Serang

Serang, Liputanbanten.co.id – Dalam rangka pemantapan kegiatan belajar mengajar perkuliahan diprogram studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Banten Jaya, mahasiswa semester V UNBAJA dan 1 orang dosen pengampu dari prodi PPKn melakukan kegiatan kunjungan studi ke kantor Balai Pemasyarakatan Serang.

Mereka mendapat materi tentang Peran Balai Pemasyarakatan dalam Pembinaan Anak di Bawah Umur Remaja yang Berkonflik dengan Hukum menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Pada sambutannya, Kepala Balai Pemasyarakatan Serang Taufik Prabowo mengatakan, warga binaan yang menjadi tahanan Negara tidak boleh dicampur dalam satu lokasi dengan tahanan dewasa. Sebab, akan berakibat buruk dalam perkembangan warga binaan anak tersebut.

Lebih lanjut Taufik mengatakan pemerintah hendaknya menciptakan kota yang ramah anak, sebagai upaya mencegah kenakalan remaja, bentuk kota ramah anak adalah diciptakannya kota yang mempunyai fasilitas untuk anak gratis. Seperti tempat bermain dan fasilitas olahraga dan minat bakat.

“Hal tersebut membuat anak/remaja mempunyai kesibukan dan mencegah mereka berbuat kenakalan/tindak kriminal,” ujarnya, Kamis (9/1/2020).

Anton Aulawi sebagai dosen pengampu mata kuliah Krimilogi mengatakan, kegiatan outing class lebih mengenalkan mahasiswa terkait pembinanaan bagi anak-anak atau remaja yang bermasalah.

“Sehingga diharapakan para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam upaya sadar hukum bagi anak dan remaja untuk mengindari hal-hal yang dapat mengakibatkan dampat hukum positif yang berlaku di Indonesia,” katanya.(Lb/Red)

Related posts