FILKOM UNBAJA Berikan Penyuluhan dan Pelatihan Internet Sehat Kepada Siswa SMP

Yul Hendra, M.Kom sebagai ketua pelaksana didampingi oleh Ely Nuryani, S.Kom, MTI. dan Irma Yunita, S.Si, MTI. sebagai Anggota. memberikan penyuluhan dan pelatihan internet sehat kepada anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kelurahan Cipare Kecamatan Serang Kota Serang. upaya untuk Meningkatkan pemahaman yang cukup mengenai penggunaan internet secara bijak sehingga memaksimalkan dampak positif internet dan meminimalkan dampak negatif dari berinternet oleh kalangan remaja.

Dalam upaya memaksimalkan dampak positif internent dan meminimalkan dampak negatif internet, maka diperlukan berbagai upaya dalam memberikan pemahaman dan edukasi bagi para pemakai internet. Menurut Kemkominfo, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 82 juta orang dan berada pada peringkat ke-8 dunia. Dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya adalah remaja berusia 15-19 tahun. Untuk pengguna Facebook, Indonesia berada di peringkat 4 dunia. Dengan jumlah pengguna internet yang mayoritas mengunakan jejaring sosial dan berbagai akses informasi maka sangat diperlukan edukasi yang tepat mengenai internet itu sendiri.

Penggunaan internet yang tidak cermat dapat memberikan dampak negatif yang cukup besar. Bagi remaja yang masih berusia belasan tahun yang masih memiliki semangat belajar serta rasa ingin tahu yang tinggi dapat memanfaatkan internet. Namun tidak sedikit remaja yang justru menggunakan internet mendapatkan dampak negatif karna kurangnya pengetahuan terhadap internet, kurang memahami dampak-dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh internet. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya penjelasan dan edukasi terkait internet kepada mereka. Oleh karena itu, betapa pentingnya peran orang tua, guru, masyarakat dalam memberikan penjelasan, pemahaman, dan edukasi kepada remaja terkait internet.

Salah satu solusi yang dapat menjadi pemecahan masalah di atas adalah diselenggarakannya Penyuluhan dan Pelatihan Internet Sehat Untuk Anak Usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan tujuan memberikan pemahaman kepada anak-anak usia SMP terkait pemanfaatan internet secara sehat dan mengetahui apa saja dampak negatif internet. Biaya pengabdian diperoleh dari RKA Fakultas Ilmu Komputer Universitas Banten Jaya tahun 2019. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2019 yang bertempat di ruang kelas SDN Sempu 2 Kota Serang, dengan diikuti oleh 30 orang peserta anak-anak usia SMP yang berasal dari Kelurahan Cipare Kecamatan Serang Kota Serang.

Kegiatan pengabdian berupa penyuluhan dan pelatihan internet sehat memperoleh hasil dan manfaat diantaranya adalah meningkatkan pemahaman yang cukup mengenai penggunaan internet secara bijak sehingga memaksimalkan dampak positif internet dan meminimalkan dampak negatif dari berinternet, sehingga tercipta remaja cerdas dan produktif. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar, berkat adanya berbagai pendukung terutama partisipasi peserta yang cukup antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Related posts