TEKNIK SIPIL UNBAJA DAPATKAN ALAT LAB. PRAKTIKUM BARU

Nopember 2019 merupakan bulan kebahagiaan bagi mahasiswa teknik sipil Universitas Banten Jaya, suatu keinginan mahasiswa untuk sarana laboratorium dapat terpenuhi. Program studi teknik sipil mendapatkan beberapa alat laboratorium yang dapat digunakan untuk salah satu praktikum mata kuliah teknik sipil yaitu Ilmu bahan dan beton. Ilmu bahan dan beton suatu praktikum yang digemari mahasiswa UNBAJA dikarenakan mudah untuk bisa kolaborasi dan uji eksperimen dalam pembentukan suatu campuran beton. Hal ini dibuktikan tahun sebelumnya mahasiswa teknik sipil Universitas Banten Jaya dapat menjuarai di tingkat provinsi Banten dengan inovasi teknologi tepat guna diusungkan Beton Berpori campuran abu sekam dengan slag baja.

Pemberian alat dari para alumni yang diberikan secara simbolis pada acara wisuda ke 8 ke dekan Fakultas Teknik hari selasa tanggal 12 November 2019, ditambah fasilitas dari Universitas merupakan suatu dukungan yang positif  memperlihatkan suatu kesinergian dalam menunjang pelayanan di masyarakat hal pelaksanaan, pengawasan dan pemeliharaan rekayasa sipil sebagai suatu sarana pendukung penting yang bersifat strategis dalam kegiatan pelaksanaan sistim pendidikan secara umum. Peran dan fungsinya peralatan dan perlengkapan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar membantu pemahaman yang konkrit, serta bisa melakukan pembuktian antara teori dengan realita sebenarnya. Ketua Program Studi menyebutkan alat yang didapatkan  diantaranya mesin kuat tekan beton, cetakan beton bentuk kubus dan silinder, cone, desikator, mesin los angeles abration, drying oven, neraca kalibrasi dan lainnya merupakan suatu rangkaian suatu alat dalam pengujian bahan maupun beton. Melihat kelengkapan alat yang telah tersedia program studi teknik sipil segera mengarahkan mahasiswa untuk dapat melaksanakan praktikum dikampusnya sendiri dimulai tahun ini walaupun masih sedikit ada kekurangan dalam perlengkapan lainnya, dimaksudkan supaya fasilitas laboratorium dapat segera termanfaatkan dengan optimal baik bagi mahasiswa maupun dosen. Selain itu pula dijadikan suatu motivasi untuk dapat mendalami suatu inovasi tertentu yang dapat meningkatkan kualifikasi mengikuti lomba di tingkat penyelenggara pekan Nasional.

Kebahagiaan sekaligus kebanggan mahasiswa program studi teknik sipil mempunyai laboratorium membukakan kesempatan dalam menempatkan diri sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ketenagaan teknik dalam pengembangan infrastruktur pembangunan di kota Serang maupun pada proyek-proyek yang ada di Indonesia, merepresentasikan terhadap kebutuhan masyarakat yang terus semakin canggih. Keberadaan alat ini akan segera digunakan 110 orang mahasiswa yang telah mendaftar untuk mengikuti rangakaian praktikum ilmu bahan dan beton yang akan segera dilaksanakan pada semester ganjil 2019. (tl/ln)

Related posts