Unbaja Buka Dua Prodi Baru

SERANG, Universitas Banten Jaya (Unbaja) membuka dua Program studi (Prodi) baru yakni Kewirausahaan dan Manajemen Ritel Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), di Kampus Unbaja, Senin (21/10/2019).

Pembukaan dua prodi tersebut, untuk menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 yakni berharap mahasiswa bisa menjadi entrepreneur.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unbaja Sutanto mengatakan, dua Prodi Kewirausahan dan Manajemen Ritel FEB tersebut berdasarkan surat keputusan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Pembukaan tersebut untuk mendukung kegiatan belajar mengajar mahasiswa baru.

Dia mengatakan, prodi tersebut akan memperdalam bidang kewirausahaan dan manajemen ritel. Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana.

“Kami juga sudah menyiapkan sumber daya manusia yang mempuni, sesuai dengan bidang keilmuannya. Kami ingin memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan dibidang kewirausahaan ataupun di manajemen ritel,” kata Sutanto.

Sementara itu, Rektor Unbaja Sudaryono mengatakan, pihaknya kini sudah memiliki dua prodi baru yakni kewirausahaan dan manajemen ritel. Program tersebut agar mahasiswa setelah lulus dapat menjadi entrepreneur. Begitu juga dengan manajemen ritel mahasiswa bisa berdaya saing.

“Prodi kewirausahaan bukan hanay menguasai konsep teoritis model bisinis dan perencanaan bisnis tetapi juga mampu memulai bisnis dan membuat strategi pengembangan bisnis. Selain itu mahasiswa juga harus memiliki kemampuan manajemen disetiap bidang industri,” ujarnya.

Kepala Bagian Marketing Unbaja Rohaelis Nuraisiah berharap, dibukanya dua prodi baru dapat menambah jumlah mahasiswa baru di Unbaja. Alasannya, dengan banyaknya program studi calon mahasiswa dapat memilih jurusan sesuai dengan minat.

“Saat ini jumlah mahasiswa baru baru Unbaja 700, namun kami berharap di tahun ajaran baru tahun depan dapat lebih banyak lagi calon mahasiswa yang ingin belajar di Unbaja,” katanya. (DE/SJ)*KB

Related posts